PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Meri Agustina Andani, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. PENGHARGAAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Reaslistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 1 Salo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salo tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII–B sebagai kelas eksperiment dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji –t , dan anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Reaslistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan pengetahuan awal matematika antara siswa kelas eksperiment dan kelas kontrol 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Reaslistic Mathematics Education (RME) dengan pengetahuan awal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. . Kata kunci: Reaslistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pengetahuan Awal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:38
Last Modified: 29 Jul 2019 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item