Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pembinaan Profesional Guru Sains Oleh Kepala Madrasah Dalam Pengintegrasian Ilmu Di MAN Kabupaten Kampar

Rosfilawati Farma (2018) Pembinaan Profesional Guru Sains Oleh Kepala Madrasah Dalam Pengintegrasian Ilmu Di MAN Kabupaten Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201882TMPI_COVER TESIS.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201882TMPI_PENGESAHAN.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201882TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201882TMPI_DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201882TMPI_ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201882TMPI_BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201882TMPI_BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201882TMPI_BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
9. 201882TMPI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
10. 201882TMPI_BAB V.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201882TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah adalah lembaga pendidikan formal yang bernaung di bawah Kementrian Agama, semestinya semua kegiatan termasuk proses pembelajaran harus bernuansakan Islam, salah satunya adalah pembelajaran pengintegrasian ilmu agama dan sains. Agar pembelajaran terintegrasi ini terujud perlu dilakukan pembinaan oleh berbagai pihak terutama kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan kompetensi profesional guru Sains oleh kepala Madrasah dalam pengintegrasian ilmu di 3 MAN Kabupaten Kampar. Subjek dan imforman penelitian ini sebanyak 3 orang kepala madrasah dan 30 orang guru sains. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara, menyebarkan kuisioner dan mengumpulkan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran integrasi ilmu agama dan sains di tiga MAN tersebut sudah dilaksankan tetapi pelaksanaannya tidak terprogram, sehingga tidak berjalan maksimal, hal ini diketahui dari hasil wawancara, penyebaran angket ke guru sains serta dokumentasi. Adapun factor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan adalah (1) factor internal berasal dari diri guru itu sendiri yairu latar belakang pendidikan non keagamaan, kepribadian yang tidak mau berusaha dan pengalaman mengajar, (2) factor eksternal yaitu sarana dan prasarana, peserta didik serta lingkungan. Kata kuni: Pembinaan, Kompetensi Profesional dan integrasi ilmu

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:09
Last Modified: 29 Jul 2019 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item