Salman Hasani (2018) Efektifitas penggunaan pengajaran insya’ dengan Strategi Pharagraf Building untuk meningkatkan kemahiran menulis siswa Madrasah Aliyah di pondok pesantren Mualimin Muhammadiah Bangkinang Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201870TPBA_COVER 1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201870TPBA_PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201870TPBA_KATA PENGANTAR.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201870TPBA_DAFTAR ISI.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201870TPBA_ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201870TPBA_BAB 1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201870TPBA_BAB 2.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201870TPBA_BAB 3.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
9. 201870TPBA_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
||
|
Text
10. 201870TPBA_BAB 5.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201870TPBA_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan metode insya’ dengan Strategi Pharagraf Building untuk meningkatkan kemahiran menulis siswa Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Mualimin Muhammadiah Bangkinang Kampar. Hal ini bisa diketahui setelah mengetahui adanya perbedaan kemahiran menulis antara siswa yang diajarkan menggunakan strategi pharagraf building dan siswa yang diajarkan tidak menggunakannya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi ini. Subjek penelitian ini adalah siswa madrasah Aliyah di pondok pesantren Mualimin Muhammadiah Bangkinang Kampar kelas XI A sebagai Kelas Eksperimen yang berjumlah 24 orang dan kelas XII B sebagai Kelas Kontrol yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes dan Observasi. Sedangkan untuk menganalisa data, peneliti menggunakan Program SPSS dan Rumus Ttest. Dari analisa data, didapatkan nilai signifikan dari program SPSS yaitu 0.0085 dan nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara siswa yang diajarkan menggunakan strategi pharagraf building dan yang diajarkan tidak menggunakannya dan juga nilai thitung 6.698 yang mana lebih besar dari pada nilai ttabel pada signifikan 5% dan 1% (2.83 <6.754> 2.58). Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan Strategi Pharagraf Building efektif untuk meningkatkan kemahiran menulis. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan strategi ini adalah kesungguhan siswa dalam proses belajar, kesesuaian materi dengan tingkat keterampilan siswa, dan kalimat yang terarah dan familiar. Kata kunci: Efektifitas, pengajaran insya’, strategi pharagraf building, meningkatkan kemahiran menulis.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 08:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 08:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16564 |
Actions (login required)
View Item |