Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI SENTIMEN LAYANAN OJEK ONLINE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

HERINO PUTRA (2018) KLASIFIKASI SENTIMEN LAYANAN OJEK ONLINE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018483TIF.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018483TIF.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018483TIF.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018483TIF.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018483TIF.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018483TIF.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018483TIF.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018483TIF.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_2018483TIF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_2018483TIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_2018483TIF.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018483TIF.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan utama masyarakat. Transportasi ada berbagai macam jenis, salah satunya transportasi online. Transportasi onlinedapat berupa ojek online, contoh ojek onlineyaitu Gojek dan Grab. Twitter merupakan salah satu media sosial yang digunakan masyarakat untuk mengomentari layanan ojek online. Pada penelitian ini telah dilakukan klasifikasi sentimen layanan ojek online menggunakan metode Naive Bayes Classifier(NBC) menggunakan 1200 data dengan memanfaatkan TwitterAPI dan pelabelan secara manual. Dalam kasus ini menggunakan 2 (dua) kelas yaitu kelas positif dan kelas negatif dan 3(tiga) kategori yaitu manajemen, driver dan aplikasi. Data set menggunakan 90% data latih : 10% data uji dengan pengujian akurasi menggunakan model confussion matrix. Dari hasil pengujian menggunakan NBC diperoleh akurasi untuk manajemen Gojek sebesar 90%, driver90%, dan aplikasi sebesar 80%. Sedangkan akurasi manajemen Grab sebesar 90%, driver90% dan aplikasi 75%. Rata-rata akurasi Gojek sebesar 86,67% dan Grab sebesar 85%.Kata kunci: Grab, Gojek, Naive Bayes Classifier, ojek Online, Twitter API.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:53
Last Modified: 16 Jul 2019 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item View Item