Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT. ARNOTTS INDONESIA DI PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

INDAH SEKAR PRATIWI (2018) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT. ARNOTTS INDONESIA DI PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018155EI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018155EI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018155EI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018155EI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018155EI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018155EI.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018155EI.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018155EI.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018155EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018155EI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018155EI.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh diferensiasi produk yang merupakan bagian dari kegiatan bauran pemasaran untuk mempromosikan suatu produk, dimana perusahaan menciptakan produk yang baru dan berbeda sehingga mampu menarik konsumen untuk untuk membeli produk mereka. Dalam hal ini PT Arnotts menggunakan diferensiaasi produk untuk menarik minat beli konsumen. Fakta yang terjadi dilapangan omzet perusahaan di 5 tahun terakhir mengalami peningkatan tetapi mereka belum mencapai target tahunan yang telah ditetapkan perusahaan. Berdasarkan kondisi yang ditemukan pada PT Arnott’s Indonesia di pekanbaru, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pengaruh diferensiasi produk terhadap minat beli konsumen di PT Arnott’s Indonesia di pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh diferensiasi produk terhadap minat beli konsumen di PT Arnott’s Indonesia di Pekanbaru dan bagaimanakah tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh diferensiasi produk terhadap minat beli konsumen PT Arnott’s Indonesia di pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya secara pasti (unknown population). Sample sebanyak 96 orang konsumen, teknik pengambilan sample menggunakan Accindental sampling dan menggunakan rumus unknown population. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, dokumen, dan tinjauan pustaka. Analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap minat beli konsumen PT Arnotts‘s Indonesia di pekanbaru. berdasarkan analisis kofisien determinasi (R i 2 ) menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (Diferensiasi) adalah sebesar 89%. Sedangkan sisanya sebesaar 11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Persamaan regresi yang dipengaruhi yaitu Y=12,764 + 0,189X atau Minat beli = 12,764 + 0,189 + e arti dari persamaan tersebut nilai konstanta (a) sebesar 12,764. Artinya adalah jika diferensiasi diasumsikan nol (0) maka minat beli bernilai 12,764. Nilai regresi diferensiasi sebesar 0,189. Artinya setiap peningkatan diferensiasi sebesar 0,189 dengan variabel lain tetap. Menurut tinjauan ekonomi islam Diferensiasi produk yang dilakukan oleh PT Arnotts telah sesuai dengan syariat islam dimana dalam mempromosikan produk perusahaan tidak melakukan promosi palsu atau mengandung penipuan dan menjanji-janjikan keistimewaan akan produk yang tidak ada pada suatu produk tersebut sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk mereka. Setiap ucapan maupun perbuatan yang mmenjerumuskan konsumen untuk menduga bahwa produk yang akan dibeli itu ada kelebihan-kelebihan sebenarnya tidak ada padanya maka perbuatan tersebut termasuk diharamkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:37
Last Modified: 09 Jul 2019 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15463

Actions (login required)

View Item View Item