STRATEGI REDAKSI PEKANBARU POS DALAM MEMBUAT HEADLINE BERITA

IKHLAS ZULFINA WAHID, (2018) STRATEGI REDAKSI PEKANBARU POS DALAM MEMBUAT HEADLINE BERITA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018123KOM.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018123KOM.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018123KOM.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018123KOM.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018123KOM.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018123KOM.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018123KOM.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018123KOM.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_2018123KOM.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_2018123KOM.pdf
Restricted to Repository staff only until 2018.

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_2018123KOM.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018123KOM.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Headline atau judul berita adalah salah satu trik untuk menarik mata pembaca. Apabila headline atau judul berita bagus maka akan menarik perhatian pembaca untuk membaca berita seluruhnya. Untuk membuat headline berita yang cocok dan memikat, perlu pemilihah dan penyusunan kata yang melibatkan wawasan, emosi, dan kecerdikan penulis untuk menarik perhatian pembaca. Identifikasi masalah dari penelitian ini adalah bagaimana srategi redaksi Pekanbaru Pos dalam membuat headline berita, apa yang diperhatikan dalam membuat headline berita dan bagaimana dewan redaksi dalam memilih kalimat untuk headline. Rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi Redaksi Pekanbaru Pos dalam membuat headline berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi redaksi Pekanbaru Pos dalam membuat headline berita. Sumber data primer melalui wawancara dan sumber data sekunder melalui dokumen resmi terkait. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Pemimpin Redaksi, Koordinator Liputan, Redaktur Pelaksana dan Redaktur Pekanbaru Pos. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pembuatan headline disurat kabar harian Pekanbaru Pos meliputi penyaringan berita yaitu memilih berita apa saja yang bisa dijadikan Headline dimana setiap berita mempunyai kriteria tertentu agar dapat dijadikan Headline. Kemudian, penulisan berita yaitu berita yang telah direncanakan untuk dijadikan headline dimatangkan dan diramu sedemikian rupa dalam rapat dewan redaksi agar dapat menarik minat pembaca. Terakhir adalah penentuan berita yang akan menjadi headline, pada tahap ini rapat dewan redaksi akan menentukan berita yang akan dijadikan headline dengan memperhatikan pengaruh dan jauhnya jangkauan berita tersebut menyangkut kepentingan pembaca harian Pekanbaru Pos yang kemudian diformulasikan judul dari berita ataupun peristiwa penting yang akan dijadikan headline. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan di lapangan bahwa strategi pembuatan headline berita di Pekanbaru Pos ditentukan dalam rapat dewan redaksi. Kata Kunci: Strategi, Headline, Pekanbaru Pos

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms. Eva Susilawati
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:46
Last Modified: 08 Jul 2019 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item View Item