Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS REKRUTMEN KARYAWAN PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IV DIKECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

RIZKY SARI PERMATA INDAH HASIBUAN (2018) ANALISIS REKRUTMEN KARYAWAN PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IV DIKECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah karena sumber daya manusia merupakan motor penggerak dalam sebuah organisasi. Sumber daya manusia yang berkualitas adalah harapan dari setiap perusahaan. Karena maju dan lamanya bertahan suatu organisasi tergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Dalam hal ini langkah awal untuk menentukan kualitas sumber daya manusia yang dipekerjakan adalah melalui proses rekrutmen, yaitu penarikan yang memilih dan menilai calon karyawan yang mampu untuk dipekerjakan dalam organisasi. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana rekrutmen karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah pada rekrutmen karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Rekrutmen Karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Kabupaten Padang Lawas Ditinjau dari Aspek Ekonomi Syariah. Subjek yang ditinjau adalah pimpinan dan karyawan sedangkan objek penelitian sistem rekrutmen karyawan PTPN IV. Populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 8 orang karyawan, maka penulis menggunakan Total sampling, yaitu pengambilan keseluruhan pada sampel. Sumber data yang di gunakan yaitu primer dan sekunder. Kemudian teknik penulisan dengan menggunakan metode daskriptif analitik, deduktif dan induktif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, mengenai Analisis Rekrutmen Karyawan Oleh PT.Perkebunan Nusantara IV sistem rekrutmen menggunakan sistem internal dengan kualifikasi sesuai jabatan yang akan diisi, kebijakan promosi dan kurangnya dana menjadi pengaruh pada rekrutmen, sedang tujuannya untuk meningkatkan produksi dan taraf hidup karyawan internal, mendaftarkan diri melalui online atau pengantaran berkas langsung adalah prosedur utama dalam perekrutan PT, penghambatnya kuota lebih dari yang ditetapkan, solusinya tes ujian dibuat secara bergantian, kemudian diberikan pendidikan bagi karyawan yang kurang memahami kerja atas jabatan yang dipegangnya. Rekrutmen yang di lakukan PTPN IV masih belum sesuai dengan rekrutmen yang dianjurkan oleh syariah. Karena di dalam syariah rekrutmen dianjurkan dengan menggunakan sistem adil dengan memberi kesempatan untuk semua yang mampu bekerja sesuai yang dibutuhkan dan kriteria yang dianjurkan harus dimiliki masing-masing calon karyawan yaitu siddiq, amanah tablik dan fathonah. Rekrutmen dalam Islam ini tidak ada membedakan internal dan eksternal akan tetap secara merata dan adil dalam melakukan perekrutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:24
Last Modified: 05 Jul 2019 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item View Item