Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENCATUMAN IZIN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK KOSMETIK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Ibu-ibu Anggota Asosiasi Industri Pangan Riau (ASPARI))

WULAN SARI (2018) PENGARUH PENCATUMAN IZIN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK KOSMETIK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Ibu-ibu Anggota Asosiasi Industri Pangan Riau (ASPARI)). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018114EI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018114EI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018114EI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018114EI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018114EI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018114EI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018114EI.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018114EI.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018114EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018114EI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018114EI.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh pencantuman izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk kosmetik menurut perspektif Ekonomi Islam”. Dilatarbelakangi bahwa masih banyaknya peredaran produk kosmetik ilegal atau yang tidak memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta banyaknya peminat produk kosmetik yang tidak memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini dikalangan masyarakat. Produk kosmetik ilegal ini mengandung zat kimia dalam jumlah tidak wajar, sehingga apabila dikonsumsi akan memberikan efek samping yang membahayakan tubuh. Dalam Islam kita dianjurkan untuk mengkonsumsi apa yang dapat menghindarkan dari kerusakan dirinya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah pencantuman izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada ibu-ibu anggota Asosiasi Industri Pangan Riau serta bagaimana tinjauan aspek ekonomi Islam terhadap keputusan pembelian produk kosmetik yang mencantumkan izin BPOM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah ada pengaruh pencantuman izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada ibu-ibu anggota ASPARI, serta menjelaskan tinjauan ekonomi Islamnya. Penelitian ini dilakukan di kantor ASPARI yang berlokasi di jl. Rajawali no 72 Kelurahan Kampoeng Melayu, Sukajadi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu anggota ASPARI yang berjumlah 126 orang, yang kemudian diambil sampel dengan teknik random sampling yaitu dengan sampel sebanyak 56 orang. Sumber data adalah subyek dari mana data dapat diperoleh. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah ibu-ibu anggota ASPARI. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pencantuman izin BPOM terhadap variable keputusan pembelian produk kosmetik pada ibu-ibu anggota Asosiasi Industri Pangan Riau (ASPARI). Pencantuman Izin BPOM mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dilihat dari koefisien kolerasi menunjukkan hubungan yang cukup tinggi, sedangkan menurut uji determinasi menunjukkan bahwa pengaruh pencantuman izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 61,8%, sedangkan sisanya sebesar 38,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Tinjauan ekonomi Islam terhadap keputusan pembelian produk kosmetik yang mencantumkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang dilakukan oleh ibu-ibu anggota Asosiasi Industri Pangan Riau (ASPARI) berada dalam kondisi yang dibolehkan. Pencantuman izin BPOM pada produk kosmetik, membantu memberikan informasi kepada masyarakat apakah produk tersebut aman dikonsumsi atau tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:06
Last Modified: 30 Sep 2019 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item