YOSE AFRIANI (2018) PERANAN PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB REMAJA DI PANTI ASUHAN BAITURRAHMAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201848BP.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201848BP.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201848BP.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201848BP.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR_201848BP.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201848BP.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201848BP.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201848BP.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_201848BP.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_201848BP.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (705kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_201848BP.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_201848BP.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa tanggung jawab remaja baik tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab kepada Allah maupun tanggung jawab sesama manusia. Untuk itu maka pembimbing dituntut untuk dapat berperan dalam membina akhlak, akidah, dan potensi yang dimiliki oleh anak asuh. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peranan pembimbing dalam mengembangkan sikap tanggung jawab remaja di Panti Asuhan Baiturrahman Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembimbing dalam mengembangkan sikap tanggung jawab remaja di Panti Asuhan Baiturrahman Kota Pekanbaru, subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh, sedangkan informannya adalah 2 orang pengasuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data disajikan kemudian dianalisa sesuai dengan sifat penelitian ini, yaitu Deskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa peranan pembimbing dalam mengembangkan sikap tanggung jawab remaja di Panti Asuhan Baiturrahman Kota Pekanbaru berbagai peran yang dilakukan pembimbing yaitu pembimbing berperan sebagai mediator dengan membangun hubungan yang baik dengan anak asuh, pembimbing berperan sebagai fasilitator dengan menjadikan dirinya sebagai guru sehingga anak asuh dapat mengembangkan bakat yang ada pada dirinya dan mengembangkan nilai-nilai sosial, pembimbing berperan sebagai motivator dan motivasi dengan memberikan arahan dan nasehat sehingga anak asuh bertanggung jawab terhadap dirinya. Dari berbagai peran pembimbing di Panti Asuhan Baiturrahamn tersebut mampu mengembangkan sifat tanggung jawab yang positif bagi remaja di Panti Asuhan Baiturrahman sesuai dengan peranan pembimbing. Kata kunci: Peranan Pembimbing, Sikap Tanggung Jawab, Remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 08:19 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 08:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14971 |
Actions (login required)
View Item |