LIDYA ANGRAINI (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 034 TARAIBANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181113PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181113PGMI.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181113PGMI.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181113PGMI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181113PGMI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181113PGMI.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181113PGMI.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181113PGMI.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181113PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181113PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181113PGMI.pdf Download (413kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V di Sekolah Dasar Negeri 034 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, dan masih rendahnya prestasi siswa khususnya dibidang ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di Sekolah Dasar Negeri 034 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari korelasi nilai r 0,404 yang dibuktikan dengan uji korelasi dengan nilai robservasi sebesar 0,404 yang lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,254 dan 0,214. Dengan demikian hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar tersebut tergolong sedang, karena nilai koefisien korelasi motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam adalah sebesar 0,404. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 02:46 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14594 |
Actions (login required)
View Item |