Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 034 TARAIBANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

LIDYA ANGRAINI (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 034 TARAIBANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181113PGMI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181113PGMI.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181113PGMI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181113PGMI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181113PGMI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181113PGMI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181113PGMI.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181113PGMI.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181113PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181113PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181113PGMI.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V di Sekolah Dasar Negeri 034 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, dan masih rendahnya prestasi siswa khususnya dibidang ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di Sekolah Dasar Negeri 034 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari korelasi nilai r 0,404 yang dibuktikan dengan uji korelasi dengan nilai robservasi sebesar 0,404 yang lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,254 dan 0,214. Dengan demikian hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar tersebut tergolong sedang, karena nilai koefisien korelasi motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam adalah sebesar 0,404. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:46
Last Modified: 02 Jul 2019 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item