FITRIKA (2018) PERKEMBANGAN MINAT BELAJAR ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE CERITA DONGENG DI RAUDHATUL ATHFAL MUTIARA UMMI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181100PIAUD.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181100PIAUD.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181100PIAUD.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181100PIAUD.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181100PIAUD.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181100PIAUD.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181100PIAUD.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181100PIAUD.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181100PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181100PIAUD.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181100PIAUD.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif. Teknik analisa data menggunakan data kualitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel. Dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan minat belajar anak pada metode cerita dongeng di Raudhatul Athfal Mutiara Ummi Pekanbaru maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan minat belajar pada anak kelompok B melalui Metode Cerita Dongeng di Raudhatul Athfal Mutiara Ummi Pekanbaru. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B dengan jumlah 31 orang anak, dan objek dalam penelitian ini adalah perkembangan minat belajar anak melalui metode cerita dongeng. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari sepuluh point indikator pada aktivitas anak, sembilan point anak telah menunjukkan adanya perkembangan yang positif. Pada hasil rekapitulasi kategori nilai anak yang terendah juga lebih sedikit didapat dibandingkan dengan kategori nilai tertinggi. Metode cerita dongeng ini digunakan dengan tujuan, agar anak mampu menghayati suatu kejadian atau hal yang sebenarnya terdapat dalam kehidupan, agar anak memahami sebab akibat suatu kejadian, sebagai alat untuk mengasah konsentrasi dan perasaan anak, sebagai alat mendiagnosa kemampuan anak, menggali kemampuan anak dalam memecahkan suatu masalah dengan cara anak sendiri, menanamkan nilai – nilai atau norma dan tempat untuk menyalurkan pesan kebajikan dalam kehidupan anak. Dalam hal ini menunjukkan bahwa perkembangan minat belajar anak dapat berkembang dengan baik melalui metode cerita dongeng. Kata Kunci: Perkembangan, Minat Belajar Anak, Metode Cerita Dongeng
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 01:56 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 01:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14562 |
Actions (login required)
View Item |