Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATIONUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

SHERLY AMELIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SILENT DEMONSTRATIONUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Silent Demonstration di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan kecamatan Kampar kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang antara lain; kurang aktif dalam menyimak dan menanggapi penjelasan yang disampaikan guru, kurang inisiatif untuk bertanya, dan kurang kreatif dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 14 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan, dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Silent Demonstration dan aktivitas belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Silent Demonstration. Di mana sebelum tindakan perbaikan, aktivitas belajar siswa hanya mencapai 54,76% dengan kategori “Kurang”, setelah dilakukan tindakan perbaikan, pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 64,72% dengan kategori “Cukup”, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat lagi menjadi 82,44% dengan kategori “Baik”. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebagaimana tergambar pada data tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Silent Demonstration dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Silent Demonstration, Aktivitas Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:09
Last Modified: 01 Jul 2019 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14466

Actions (login required)

View Item View Item