Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESEPTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

TRIANA RAMADHANI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESEPTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Reseptif di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan kecamatan Kampar kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai keterampilan menyimak siswa diantaranya kurang memahami materi yang disimak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas . Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa. Objek dalam penelitian adalah Model Pembelajaran Reseptif dan keterampilan menyimak siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reseptif dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan menyimak diperoleh dengan persentase 57,14% dengan kategori “Kurang tinggi”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Reseptif pada Siklus I keterampilan menyimak siswa mencapai 75,59% dengan kategori “Cukup tinggi”. Pada Siklus II keterampilan menyimak siswa meningkat menjadi 82,73% dengan kategori “Tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reseptif dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa . Kata Kunci: Model Pembelajaran Reseptif, Keterampilan Menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:03
Last Modified: 01 Jul 2019 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item