TRIANA RAMADHANI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESEPTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 015 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181061PGMI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181061PGMI.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181061PGMI.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181061PGMI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181061PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181061PGMI.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181061PGMI.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181061PGMI.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181061PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181061PGMI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181061PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Reseptif di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 015 Tanjung Rambutan kecamatan Kampar kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai keterampilan menyimak siswa diantaranya kurang memahami materi yang disimak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas . Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa. Objek dalam penelitian adalah Model Pembelajaran Reseptif dan keterampilan menyimak siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reseptif dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan menyimak diperoleh dengan persentase 57,14% dengan kategori “Kurang tinggi”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Reseptif pada Siklus I keterampilan menyimak siswa mencapai 75,59% dengan kategori “Cukup tinggi”. Pada Siklus II keterampilan menyimak siswa meningkat menjadi 82,73% dengan kategori “Tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reseptif dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa . Kata Kunci: Model Pembelajaran Reseptif, Keterampilan Menyimak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 04:03 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 04:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14464 |
Actions (login required)
View Item |