BAHARI PRATAMA (2018) PENGARUH KEMAMPUAN INTERAKSI GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181058PAI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181058PAI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181058PAI.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181058PAI.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181058PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181058PAI.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181058PAI.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181058PAI.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181058PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181058PAI.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181058PAI.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa interaksi guru dengan siswa di kelas mempengaruhi motivasi siswa yang diajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Kemampuan Interaksi Guru dalam Pembelajaran (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan interaksi guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini 58 orang siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah kamapuan interaksi guru dalam pemebelajaran dan motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik analisis data untuk rumusan masalah pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan bantuan SPSS Windows for Ver.16. Dari analisis data dapat dilihat bahwa ada pengaruh kemampuan interaksi guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Dengan perolehan angka indeks yang diperoleh dari 0,377 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,266 dan pada taraf 1% sebesar 0,345. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan kemampuan interaksi guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Kemampuan Interaksi Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:49 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14455 |
Actions (login required)
View Item |