Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun-Kepulauan Riau)

MENA AYU PUSPITA (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun-Kepulauan Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__201868EI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__201868EI.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__201868EI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__201868EI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__201868EI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__201868EI.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__201868EI.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__201868EI.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__201868EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__201868EI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__201868EI.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk akan mempertimbangkan kualitas dan harga yang ditawarkan. Selain kualitas dan harga, lokasi juga menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas poduk terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh secara simultan antara kualitas produk, harga dan lokasi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen dan bagaimana tinjauan ekonomi Syari’ah terhadap keputusan pembelian konsumen di pasar tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun-Kepulauan Riau. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah pedagang yang berjumlah 40 orang dengan sampel 20 pedagang, dengan menggunakan teknik Random Sampling. Karena jumlah konsumen tidak diketahui dengan pasti, oleh sebab itu diambil sampel 40 konsumen dengan teknik Accidental Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan document.. Selanjutnya penulis menganalisis data dengan metode kuantitatif yaitu pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 1,504+ 0.297X1 - 0.177X2 + 0.260X3. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa kualitas produk, harga dan lokasi penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini berdasarkan F hitung sebesar 95,203 > F tabel 2.866, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Namun berdasarkan uji parsial (uji t) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan t hitung sebesar 5,366 > 2.028, sedangkan harga memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar -2,163 < -2.028. Sementara lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,098 > 2.028. Sedangkan dari hasil koefisien determinasi (R i 2 ) sumbangan pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 88,8% dan sisanya 11,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak di masukkan dalam penelitian ini. Menurut ekonomi syari’ah, keputusan pembelian produk pakaian oleh konsumen di pasar tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatn Kundur telah sesuai dengan nialai-nilai syari’ah, karena pembelian konsumen bertujuan bukan untuk bermegah-megahan, pemborosan (Israf) ataupun menghambur-hamburkan harta tanpa guna (tabzir) serta melampaui batas melainkan dijadikan sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan primer (dharuri), sehingga dapat dikatakan pembelian pakaian oleh konsumen bertujuan untuk mencapai suatu maslahah yaitu sesuai dengan prinsip ekonomi syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:45
Last Modified: 01 Jul 2019 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14440

Actions (login required)

View Item View Item