ALFI SYAHRINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON SMA NEGERI 2 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181044PK.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181044PK.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181044PK.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181044PK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181044PK.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181044PK.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181044PK.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181044PK.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181044PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181044PK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181044PK.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Dumai. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media animasi terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada materi hidrokarbon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI MIA 1 (eksperimen I) berjumlah 33 siswa dan XI MIA 5 (eksperimen II) berjumlah 34 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test, angket minat belajar serta dokumentasi. Untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kedua variabel digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji t polled varians. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 9,28 dan ttabel = 1,669 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima berarti menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media animasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi hidrokarbon dengan pengaruh sebesar 5,7%. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media animasi juga berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Dilihat dari persentase minat belajar siswa kelompok eksperimen I (78,18%) yang lebih tinggi daripada minat belajar siswa kelompok eksperimen II (67,69%). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media animasi terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA pada materi hidrokarbon ternyata menunjukkan minat dan kemampuan kognitif yang lebih baik daripada proses pembelajaran yang diterapkan dengan metode Scientific. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Animasi, Minat, Kemampuan Kognitif, Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 02:37 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14437 |
Actions (login required)
View Item |