Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG SOEBRANTAS PEKANBARU

USWATUN HASANAH (2018) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG SOEBRANTAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__201867EI.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__201867EI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__201867EI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__201867EI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR IS1__201867EI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__201867EI.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__201867EI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__201867EI.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__201867EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__201867EI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__201867EI.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fluktuasi jumlah nasabah produk tabungan emas pada PT. Pegadaian syariah cabang soebrantas Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat dan promosi produk tabungan emas terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Soebrantas Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 826 orang nasabah produk tabungan emas dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan rumus slovin, dan diperoleh sampel sebanyak 89 orang nasabah, penulis mendapatkan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Soebrantas Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi Y= 0,657 + 0,251X1 + 0,271X2 + 0,289X3 + 0,200X4, dapat diartikan bahwa setiap peningkatan variabel produk, harga, tempat dan promosi sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan jumlah nasabahnya. Dengan menggunakan uji parsial (Uji t) diketahui t hitung > t tabel yaitu untuk produk sebesar (2,909) > (1,989) atau Sig. (0,005) < 0,05, harga (3,065) > (1,989) atau Sig. (0,003) < 0,05, tempat (3,019) > (1,989) atau Sig. (0,003) < 0,05, promosi (2,641) > (1,989) atau Sig. (0,010) < 0,05. Berdasarkan hasil uji secara simultan (Uji F) diketahui F hitung sebesar (38,392) > F tabel (2,480) dengan Sig. (0,000) < 0,05, dapat diartikan bahwa variabel produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Soebrantas Pekanbaru. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa produk, harga, tempat dan promosi memberikan pengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah sebesar 64,6 %. Sedangkan sisanya 35,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah terhadap kegiatan pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Pegadaian Syariah Cabang Soebrantas Pekanbaru berada dalam kondisi yang dibolehkan dan telah sesuai dengan ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:39
Last Modified: 01 Jul 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14435

Actions (login required)

View Item View Item