Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Konsumen Ita Tupperware)

DEWI ETIKA (2018) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Konsumen Ita Tupperware). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__201865EI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__201865EI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__201865EI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__201865EI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__201865EI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__201865EI.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__201865EI.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__201865EI.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__201865EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__201865EI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__201865EI.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapat konsumen dalam melakukan pembelian akan mempertimbangkan kualitas produk dan brand image (citra merek) yang ditawarkan. Kualitas produk dan brand image merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan sering kali digunakan oleh konsumen sebagai dasar pertimbangan tertarik atau tidak terhadap suatu produk tersebut hingga memutuskan untuk melakukan pembelian. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Tupperware dan bagaimana analisis Ekonomi Syariah terhadap hubungan kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Toko Ita Tupperware di jalan Pelajar, Kecamatan Bangkinang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Acidental sampling sebanyak 50 responden berdasarkan rumus Slovin dari 102 populasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisis data dengan metode kuantitatif yaitu pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi Y = 13,063 + 0,348X 1 + 0,419X 2 dengan menggunakan uji parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian yaitu dengan t hitung ? t tabel yaitu 3,587 ? 2,012 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 ? 0,05. Kemudian juga menggunakan uji parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian yaitu dengan t hitung ? t tabel yaitu yaitu 3,072 ? 2,012 dengan nilai signifikan sebesar 0,004 ? 0,05. Selanjutnya dengan uji F diketahui bahwa bahwa kualitas produk dan brand image secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung ? F tabel yaitu 13,873 ? 3,195 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ? 0,05. Hubungan kualitas produk dan brand image secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,609 yaitu. Dan koefisien determinasi sebesar 0,371 yang artinya kualitas produk dan brand image secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 37,1% dan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian Kesimpulannya bahwa kualitas produk dan brand image mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah keputusan pembelian produk Tupperware pada Ita Tupperware oleh konsumen telah mengaplikasikan nilainilai syariah dalam setiap aktivitas pembeliannya tetapi dalam aktivitas konsumsi yang dilakukan masih belum mengikuti nilai-nilai syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:20
Last Modified: 01 Jul 2019 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item