Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

YULITA PURNAMA SARI (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar merupakan keberhasilan yang dicapai siswa setelah melakukan proses belajar dan memperoleh pengetahuan atau keterampilan sehingga kemampuan tersebut dapat diukur melalui alat tes yang diberikan guru dan dinyatakan dalam bentuk skor. Pencapaian prestasi belajar yang baik dapat dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar yang dimiliki siswa. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini melibatkan 172 subjek yang ditentukan melalui teknik proportionate stratified random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui skala dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar. Hasil analisis regresi ganda menunjukan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan nilai F = 8,271 dan p = 0,000 (p<0,01). Sumbangan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar Adjusted R Square 0,633 adalah 63,3%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Keyword : Dukungan Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 150 ??
Divisions: ?? Psi ??
Depositing User: Users 6535 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 01:51
Last Modified: 24 Jun 2019 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item