Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

NAFISAH (2018) ANALISIS HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181020 PK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181020 PK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181020 PK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181020 PK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181020 PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181020 PK.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181020 PK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181020 PK.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181020 PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181020 PK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181020 PK.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Pemahaman tentang gaya belajar memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, sehingga perlu diteliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa SMA IT Al Fityah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan mixed method design. Pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif melalui angket gaya belajar dan tes kemampuan kognitif, sedangkan prosedur pengumpulan data secara kualitatif melalui observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA IT Al Fityah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah analisis hubungan gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Andalusia yang berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh (sampel populasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 65,51% siswa dengan gaya belajar visual, 20,70% siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 13,79% siswa dengan gaya belajar kinestetik. Analisis hubungan gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa yang diuji dengan menggunakan korelasi product moment memperoleh rxy = 0,810 rtabel = 0,367 dengan nilai thitung > nilai ttabel atau 7,1771 > 1,7033, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa. Artinya, proses pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa akan meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Kognitif Siswa, Materi Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Jun 2019 00:58
Last Modified: 24 Jun 2019 00:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item