Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 TUALANG KABUPATEN SIAK

YULIA PUSPITA DEWI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang diberikan model pembelajaran problem posing terhadap kemandirian belajar siswa pada pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat beberapa siswa yang tidak berani menyampaikan pendapat (argumentasi) sendiri tanpa adanya pengaruh teman , masih terdapat siswa yang tidak mencatat poin-poin penting dari materi yang dijelaskan oleh guru, masih terdapat siswa yang tidak mempelajari ualang materi yang belum dipahami, terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menerima setiap kritikan dari teman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi kelas XI dan seluruh siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tualang Kabupaten Siak, sedangkan objeknya ialah pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemandirian belajar siswa pada pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemandirian belajar siswa pada pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Tualang. Hasil ini terbukti dari nilai analisis posttest menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (2,000) maupun 1% (2,660) atau 2,000 < 21.335 > 2.660 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan effect size atau uji pengaruh diperoleh nilai ES sebesar 5,429 yang terletak pada rentang ES > 0,7, yang berarti bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh tinggi terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Posing, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 00:51
Last Modified: 24 Jun 2019 00:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item