ABDUL HALIM (2018) PENERAPAN STRATEGI ADVISORY GROUP (KELOMPOK PENASEHAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 026 BALAM JAYA KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181002PGMI.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181002PGMI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181002PGMI.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_20181002PGMI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_20181002PGMI.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_20181002PGMI.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_20181002PGMI.pdf Download (688kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_20181002PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
||
|
Text
9. BAB V_20181002PGMI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_20181002PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi advisory group (kelompok penasehat) di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 026 Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yaang ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi advisory group (kelompok penasehat) dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan hasil belajar siswa pada sebelum tindakan yaitu 40% dengan kategori “kurang”. Kemudian setelah menerapkan strategi advisory group (kelompok penasehat) pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 71% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 88% dengan kategori “baik sekali” artinya sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dengan semikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi advisory group (kelompok penasehat) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 026 Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata kunci: Strategi, Advisory Group (kelompok penasehat), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:46 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14180 |
Actions (login required)
View Item |