SUPARTINI (2018) PENGARUH BEBAN BELAJAR TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA: KAJIAN PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018996KI.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018996KI.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018996KI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_2018996KI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_2018996KI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_2018996KI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_2018996KI.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_2018996KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
||
|
Text
9. BAB V_2018996KI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018996KI.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah 590 orang. Dikarenakan populasi cukup besar maka penulis melakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan penarikan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara beban belajar dengan kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru yakni sebesar 0.399 dengan tingkat probabilitas 0.000. Hal ini diperoleh dari robservasi> r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0.217<0.399>0.283 ). Berdasarkan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Besar persentase pengaruh beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa sebesar 15.9% sedangkan sisanya sebesar 84.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berguna bagi guru bimbingan konseling adalah sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan program pelayanan bimbingan konseling. Kata Kunci: Beban Belajar, Kejenuhan Belajar, Bimbingan Konseling
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14170 |
Actions (login required)
View Item |