NUR AULIA (2018) PENERAPAN MEDIA FLIPCHART DENGAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 021 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018963PGMI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018963PGMI.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018963PGMI.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_2018963PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_2018963PGMI.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_2018963PGMI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_2018963PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_2018963PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
9. BAB V_2018963PGMI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018963PGMI.pdf Download (413kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Media Flipchart Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Ilmu Pngetahuan Alan Di Sekolah Dasar Negeri 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah di tetapkan sekolah yaitu 65.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 13 orang. Sedangkan objek adalah Penerapan Media Flipchart dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 021 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan menggunakan media pembelajaran flipchart .hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya 38,46% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,46% dengan kategori “cukup” Pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan siswa mencapai 84,61% dengan kategori “ sempurna”. Dengan demikian media flipchart sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Media, Flipchart, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 03:13 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 03:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14110 |
Actions (login required)
View Item |