Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM MENGHADAPI MASA PUBERTAS BERDASARKAN GENDER DAN PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 SINGINGI

NIA SUCI LESTARI (2018) PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM MENGHADAPI MASA PUBERTAS BERDASARKAN GENDER DAN PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri siswa dalam menghadapi masa pubertas berdasarkan gender dan peran guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Singingi, (2) untuk mengetahui bagaimana perbedaan penyesuaian diri siswa dalam menghadapi masa pubertas berdasarkan gender dan peran guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Singingi, (3) untuk mengetahui layanan apa yang sesuai untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri siswa dalam menghadapi masa pubertas berdasarkan gender dan peran guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif jenis Komparatif, subjek pada penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 1 Singingi dan objek penelitian ini adalah perbedaan penyesuaian diri siswa dalam menghadapi masa pubertas berdasarkan gender dan peran guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Singingi. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Singingi yang berjumlah 98 orang dan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang siswa dengan 25 berjenis kelamin perempuan dan 20 berjenis kelamin laki-laki. Untuk mengumpulkan data menggunakan skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus Uji Beda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dimana dari hasil rekapitulasi tanggapan mengenai penyesuaian diri siswa dalam menghadapi masa pubertas siswa laki-laki sebesar 66,80% dan siswa perempuan sebesar 65,23% . Dari uji statistik dimana nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa perempuan dengan siswa laki-laki kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi dalam menghadapi masa pubertas. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Masa Pubertas, Bimbingan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.4 ??
Divisions: ?? KI ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:01
Last Modified: 21 Jun 2019 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item