Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI SIAP SEDIA TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYAH

MUHAMMAD FADILLAH (2018) PENERAPAN STRATEGI SIAP SEDIA TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Pekanbaru melalui penerapan strategi Siap Sedia Tembak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, diantaranya siswa yang tidak senang mencari dan memecahkan soal-soal, kurang senang dan kurang rajin belajar, kurang semangat dan tidak berpendapat atau tidak mempertahankan pendapat-pendapatnya, dan kurang aktif, tidak menunjukkan semangat terhadap macam-macam masalah atau soal, dan hanya menunggu jawaban teman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Siap Sedia Tembak dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Strategi siap sedia tembak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan motivasi belajar siswa rata-rata sebesar 54% setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh persentase sebesar 67%. Pada siklus II meningkat menjadi 81%.Dengan demikian penerapan Strategi Siap Sedia Tembak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyah Pekanbaru. Kata kunci:Strategi Siap Sedia Tembak, MotivasiBelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:35
Last Modified: 19 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item