Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN UNTUKMENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA SUSU KAMBING ETTAWA CV. TAMTO MANDIRI YOGYAKARTADITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

ROSITA UMIYATUL ROHMAH (2018) STRATEGI PEMASARAN UNTUKMENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA SUSU KAMBING ETTAWA CV. TAMTO MANDIRI YOGYAKARTADITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena penjualan yang dilakukan oleh CV. Tamto Mandiri belumstabil dalam meningkatkan penjualan susu kambing ettawapadabulan september 2015hingga bulan februari 2017.Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan khasiat susu kambing etawa menjadi penghambat pemasarandalam memasarkan produknyasehingga perusahaanbelummampu mendorong penjualanmengalami peningkatan secara signifikan dan berkelanjutan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana strategi pemasaran usaha susu kambing ettawa untuk meningkatkan penjualan, apa faktor pendukung danpenghambat dalam memasarkan produk susu kambing ettawa danbagaimanatinjauan ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan di desa Nanggaring, dusun Girikerto, kec. Turi, kab. Sleman, Yogyakarta. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah pimpinan dan bagian marketing CV. Tamto Mandiri Yogyakartaberjumlah 3 orang.Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitianusaha susukambing ettawadalam pelaksanaanstrategipemasaran susu kambing ettawa adalah (1) Mutu dan kualitas produk,penentuan merek dan pengemasan produk, jenis, ukuran dan macam produk.(2) hargayang terjangkau antara penjual dan pembelisesuai dengan kualitas produk.(3) distribusi yang dilakukan tidak secara langsung karena perusahaan memberikan keluasan pemasaran melalui keagenan. (4) promosimelalui pemanfaatanmedia sosial, diskon, personal sellingdan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.AdapunFaktor pendukung dari usaha susu kambing ettawa adalahmempunyai prospek yang baik dimasa mendatang, banyaknya kambing di daerah tersebut, sebagai alternatif minuman herbal bagi kesehatan, banyak tenaga kerja sebagai pendukung, kemajuan dalam bidang teknologi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah produktifitas perahan susu kambing yang tidak menentu, lokasi pengiriman, kurangnya pemahaman dan selera masyarakattentang susu kambing, serta kerusakan pada mesin produksi tidak terduga. Tinjauan ekonomi Islam dari strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan perusahaan sudah sesuai dalam Islam, produk yang diperjualbelikan halal, dalam penetapan harga diantara produsen(distributor) dengan konsumen telah disepakati, suka sama suka, saling ikhlas dan tidak merugikan kedua belah pihak, distribusi yang tepatserta promosi yang sudah optimal. Pemasaran dalam Islam harus terbebas dari unsur riba, suka sama suka (tidak ada paksaan), terbebas dari tipu daya (barang yang cacat), serta terbebas dari Najsy(promosi palsu).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:04
Last Modified: 19 Jun 2019 06:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item