Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BINA SISWA KECAMATAN BALAI JAYA

FIRMANSYAH (2018) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BINA SISWA KECAMATAN BALAI JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal penulis berkesimpulan bahwa guru memiliki kompetensi kepribadian yang baik dalam perilaku belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya. Akan tetapi masih ada siswa yang kurang semangat ketika pelajaran dimulai, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, keluar masuk saat pelajaran dimulai, bahkan bermain saat pelajaran dimulai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kompetensi kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya. 2) perilaku belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya. 3) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasi. Populasi penelitian: Seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya yang berjumlah 692, kelas VII berjumlah 220 siswa, kelas VIII berjumlah 240 siswa dan kelas IX berjumlah 232 siswa. Sampel: Ditarik secara strata proporsional random sampling sebanyak 12% dari seluruh siswa yaitu 85 orang. Berdasarkan analisis data sebagaimana dipaparkan pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan: 1) Kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya dengan persentase 85% tergolong ke dalam kategori sangat baik. 2) Perilaku belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya siswa dengan persentase 74% tergolong ke dalam kategori baik. 3) Ada pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Bina Siswa Kecamatan Balai Jaya, karena nilai korelasi (0.504) lebih besar dari nilai taraf kesalahan 5% (0.217) dan 1% (0.283). Sebaliknya, jika nilai korelasi lebih kecil dari tingkat kesalahan baik 5% atau 1%, maka dikatakan tidak ada pengaruh antara variabel x dan y. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Perilaku Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.74 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:41
Last Modified: 19 Jun 2019 05:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item