Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

DEVI INDRIANI (2018) PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018914PGMI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018914PGMI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018914PGMI.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018914PGMI.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018914PGMI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018914PGMI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018914PGMI.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018914PGMI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018914PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018914PGMI.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018914PGMI.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi Lightening The Learning Climate kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subjeknya adalah guru 1 orang dan siswa sebanyak 13 orang kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan data aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 48% atau berada pada kategori “Kurang Baik”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I meningkat 59% dengan kategori “Kurang Baik” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat lagi menjadi 83% dengan kategori “Baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata Kuncis: Lightening The Learning Climate, Aktivitas Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:31
Last Modified: 19 Jun 2019 05:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13970

Actions (login required)

View Item View Item