DESLIN HERLIANA (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018888PMT.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018888PMT.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018888PMT.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018888PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018888PMT.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018888PMT.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018888PMT.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018888PMT.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018888PM.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018888PMT.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018888PMT.pdf Download (483kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting yang harus dimiliki siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan memperhatikan pengetahuan awal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berdasarkan pengetahuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah pada siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan representasi matematis dan pengetahuan awal matematika. Terdapat 4 rumusan masalah dengan teknik analisis data dilakukan menggunakan uji tes untuk semua hipotesis. Berdasarkan uji tes yang dilakukan untuk semua rumusan masalah diperoleh hitung tabel, artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar menggunakan strategi REACT dengan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Serta terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar menggunakan strategi REACT dengan kelas kontrol yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan pengetahuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Dengan rata-rata nilai pada kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol. Hasil penelitian ini digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata kunci: REACT, Kemampuan Representasi Matematis, Pengetahuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen, SMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 07:00 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 07:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13917 |
Actions (login required)
View Item |