Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KARYA BHAKTI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

EZAKIA (2018) PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KARYA BHAKTI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018865PGMI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018865PGMI.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018865PGMI.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018865PGMI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018865PGMI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018865PGMI.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018865PGMI.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018865PGMI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018865PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018865PGMI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018865PGMI.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model concept attainment di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Karya Bhakti Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 15 orang siswa kelas IV tahun pelajaran 20172018 yang terbagi atas 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model concept atainment dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 55% atau tergolong “pemahaman kurang”. Setelah menerapkan model pembelajaran Concept Attainment pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 65% atau tergolong “pemahaman cukup”. Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 81,67% atau tergolong “ pemahaman baik sekali” Kata Kunci: Model Concept Attainment, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:33
Last Modified: 14 Jun 2019 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item