RISKA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018864PMT.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018864PMT.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018864PMT.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018864PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018864PMT.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018864PMT.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018864PMT.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018864PMT.pdf Download (790kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018864PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018864PMT.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018864PMT.pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya (1) perbedaan kemampuaan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran CIRC dengan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM), (3) pengaruh interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas control dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen di SMP N 2 Singingi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua jalan (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengukur kemampuan awal matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen adalah 65,13 dan kelas kontrol adalah 55,39, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran CIRC dengan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM), dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 07:31 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 07:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13867 |
Actions (login required)
View Item |