Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PENERIMAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI PEKANABARU

Iin Parlina (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PENERIMAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI PEKANABARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201883PSI.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201883PSI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201883PSI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201883PSI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201883PSI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201883PSI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201883PSI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201883PSI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201883PSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201883PSI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201883PSI.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan penggerak dalam diri individu untuk menimbulkan perubahan tingkah laku dalam belajar. Sehingga, motivasi belajar menjadi sangat penting untuk meningatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan motivasi belajar pada anak penyandang disabilitas di Pekanbaru. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan motivasi belajar pada anak penyandang disabilitas di Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 anak gangguan tunagrahita. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala dukungan sosial, skala penerimaan diri dan skala motivasi belajar, dan dianalisis menggunakan teknik analisis multiple regresi (regresi ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada anak penyandang disabilitas di Pekanbaru dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 17,4%, p= 0,000 (p ≤ 0,01). Koefisien korelasi antara penerimaan diri dengan motivasi belajar dengan nilai (r) sebesar 22,9%, p= 0,000 (p ≤ 0,01), dan koefisien korelasi antara dukungan sosial dan penerimaan diri dengan motivasi belajar dengan nilai (r) sebesar 23,9%, p= 0,000 (p ≤ 0,01). Kata Kunci: dukungan sosial, penerimaan diri, motivasi belajar, anak disabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 11 Jun 2019 08:40
Last Modified: 11 Jun 2019 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13686

Actions (login required)

View Item View Item