DINA ALVINDA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KAMPUNG DALAM SIAK KECAMATAN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018748PGMI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018748PGMI.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018748PGMI.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018748PGMI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018748PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018748PGMI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018748PGMI.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018748PGMI.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018748PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018748PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018748PGMI.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Reading Guide pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kampung Dalam Siak Kecamatan Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi Reading Guide dan peningkatan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus 2 (dua) kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Adapun analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Reading Guide dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan hasil belajar hanya mencapai 48,2% dengan kategori kurang mampu. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 70,6% dengan kategori mampu, setelah diperbaiki pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 80,1% dengan kategori sangat mampu. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi Reading Guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kampung Dalam Siak Kecamatan Siak hal ini terbukti peningkatannya sebesar 31,8%. Kata Kunci: Reading Guide, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:36 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13452 |
Actions (login required)
View Item |