Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

NENI SUSANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018741PMT.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018741PMT.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018741PMT.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018741PMT.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018741PMT.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018741PMT.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018741PMT.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018741PMT.pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018741PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018741PMT.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018741PMT.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistics mathematics education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP IT Al-Izhar Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Al-Izhar School pPekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas VII Ibnu Khaldun sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Ibnu Sina sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Realistics mathematics education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Realistics mathematics education dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Realistics Mathematics Education, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 May 2019 07:14
Last Modified: 28 May 2019 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item