NENI SUSANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018741PMT.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018741PMT.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018741PMT.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018741PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018741PMT.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018741PMT.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018741PMT.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018741PMT.pdf Download (967kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018741PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018741PMT.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018741PMT.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistics mathematics education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP IT Al-Izhar Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Al-Izhar School pPekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas VII Ibnu Khaldun sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Ibnu Sina sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Realistics mathematics education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Realistics mathematics education dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Realistics Mathematics Education, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:14 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13437 |
Actions (login required)
View Item |