Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMAMPUAN GURU DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BAGANSIAPIAPI KABUPATEN ROKAN HILIR

KHAIRUN NISA (2018) KEMAMPUAN GURU DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BAGANSIAPIAPI KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018724PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018724PAI.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018724PAI.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018724PAI.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018724PAI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018724PAI.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018724PAI.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018724PAI.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018724PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018724PAI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018724PAI.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Suatu pembelajaran yang tidak didesain secara sistematis tidak dapat memperoleh hasil yang maksimal. Sebaliknya keberhasilan pelaksanaan pembelajaran sangat bergantung pada sejauh mana pembelajaran itu didesain atau direncanakan. Beberapa bentuk persiapan guru dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada para siswa adalah dengan membuat desain pembelajaran, seperti penyusunan program tahunan dan semester, pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Akan tetapi masih ada guru yang belum mampu mendesain pembelajaran dengan baik. Hal ini ditandai bahwa guru masih belum maksimal dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian peneliti merumuskan masalah tersebut yaitu bagaimana kemampuan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam menyusun program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Untuk menjawab masalah tersebut, penulis menggunakan observasi dan dokumentasi, serta wawancara dalam pengumpulan data pada 2 orang guru Al-Qur’an Hadis di MAN Bagansiapiapi. Setelah data terkumpul, maka penulis melakukan analisis dengan pendekatan kualitatif. Sementara untuk perhitungannya, penulis menggunakan rumus P dengan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pengamatan menjelaskan idealnya kedua guru Al-Qur’an Hadis memiliki total penilaian sebesar 400, namun kedua guru hanya mendapatkan total skor sebesar 309, sehingga setelah dilakukan perhitungan didapat persentase sebesar 77.25%. Berdasarkan kategori yang telah ditentukan yaitu apabila persentase antara 60% - 79%, dikatakan “cukup mampu”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru cukup mampu dalam mendesain pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN Bagansiapiapi. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran Al-Qur’an Hadis di antaranya pengetahuan guru terhadap konsep desain pembelajaran, kurangnya motivasi guru, kesibukan guru dari pagi hingga sore melaksanakan pembelajaran dan kegiatan yang diikuti guru dalam pelatihan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 May 2019 03:27
Last Modified: 27 May 2019 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13410

Actions (login required)

View Item View Item