ELVI SRI WAHYUNI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018653PMT.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018653PMT.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018653PMT.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018653PMT.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018653PMT.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018653PMT.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018653PMT.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018653PMT.pdf Download (756kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018653PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018653PMT.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018653PMT.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan siswa belajar menggunakan pembelajaran yang diterapkan guru disekolah, ada tidaknya pengaruh pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep , dan ada tidaknya terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan pengetahuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbio Jaya. Pengambilan sampel menggunakan Proposive Sampling berdasarkan pertimbangan guru bahwa kemampuan dan pengetahuan awal siswa sama dan dibuktikan secara statistika. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SFE dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru. 2) pengetahuan awal siswa tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan pengetahuan awal dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep Matematis, Pengetahuan Awal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 May 2019 03:12 |
Last Modified: | 23 May 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13273 |
Actions (login required)
View Item |