Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU

MUHAMMAD IHSAN (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018626PMT.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018626PMT.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018626PMT.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018626PMT.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018626PMT.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018626PMT.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018626PMT.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018626PMT.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018626PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018626PMT.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018626PMT.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah menerapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diharapkan bisa meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan RME berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 May 2019 01:52
Last Modified: 22 May 2019 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item