MASRIANTI FADILLAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7-E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018584PMT.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018584PMT.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018584PMT.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018584PMT.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018584PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018584PMT.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018584PMT.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018584PMT.pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018584PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018584PMT.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018584PMT.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah ada tidaknya: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menerapkan Model Learning Cycle 7-E dengan siswa yang menerapkan pembelajaran langsung (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, dan (3) pengaruh interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan Model Learning Cycle 7-E terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam As-Shofa Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menerapkan Model Learning Cycle 7-E dengan siswa yang menerapkan pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen adalah 88,04 dan kelas kontrol adalah 71,32, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model Learning Cycle 7-E dan kemampuan awal matematika siswa dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Model Learning Cycle 7-E, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 May 2019 03:09 |
Last Modified: | 07 May 2019 03:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13121 |
Actions (login required)
View Item |