LUKMAN HARIS (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NURUL FALAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, sehingga diperlukan penggunana strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran CTLmerupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiyah artinya belajar akan lebih bermakna jika peserta didik bekerja dan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan sekedar mengetahui. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretestposttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X di SMK Nurul Falah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap kreativitas belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Falah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Nurul Falah Pekanbaru kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 205 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yaitu memilih dua kelas yaitu kelas yang menggunakan strategi pembelajaran CTL (eksperimen) yaitu kelas Xa jurusan Administrasi Perkantorandan kelas yang tidak menggunakan strategi pembelajaran CTL (kontrol)yaitu kelas Xb Jurusan Administrasi Perkantoran yang masing-masing kelas berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi.Uji hipotesis menggunakan komparasi bivariat dengan teknik analisis tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran CTL terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Falah Pekanbaru. Hasil ini diperoleh dari hasil uji analisis menggunkana uji t dengan thitung atau to = 12,267 > ttable pada taraf signifikan 1% dan 5% atau (2,000 < 12,267 > 2.660), ini berarti penggunaan strategi pembelajaran CTL berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Falah Pekanbaru. Kata kunci: Penggunaan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Kreativitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | ?? 371.3 ?? |
Divisions: | ?? sch_che ?? |
Depositing User: | Users 14151 not found. |
Date Deposited: | 02 May 2019 03:00 |
Last Modified: | 02 May 2019 03:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13023 |
Actions (login required)
View Item |