Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

SAID HASBI AFDILLAH (2018) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018456PMT.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018456PMT.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 . ABSTRAK_2018456PMT.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018456PMT.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018456PMT.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I _2018456PMT.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018456PMT.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018456PMT.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018456PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018456PMT.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018456PMT.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan masih minimnya penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi dan informasi yang digunakan saat proses pembelajaran. E-Learning berbasis Edmodo menjadi solusi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning Berbasis Edmodo untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang valid dan praktis yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah ELearning Berbasis Edmodo. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, E-Learning Berbasis Edmodo dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 96,71%. Berdasarkan uji praktikalitas, E-Learning Berbasis Edmodo dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 90%. Berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, E-Learning Berbasis Edmodo sudah memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 88,83% dinyatakan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-Learning berbasis Edmodo yang dikembangkan valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga dapat memberikan manfaat bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru matematika dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: E-Learning, Edmodo, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Pengembangan, Model ADDIE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:08
Last Modified: 26 Apr 2019 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item