SAID HASBI AFDILLAH (2018) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018456PMT.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018456PMT.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
3 . ABSTRAK_2018456PMT.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018456PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018456PMT.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I _2018456PMT.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018456PMT.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018456PMT.pdf Download (766kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018456PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018456PMT.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018456PMT.pdf Download (484kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan masih minimnya penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi dan informasi yang digunakan saat proses pembelajaran. E-Learning berbasis Edmodo menjadi solusi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning Berbasis Edmodo untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang valid dan praktis yang dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah kelas X MAN 1 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah ELearning Berbasis Edmodo. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, E-Learning Berbasis Edmodo dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 96,71%. Berdasarkan uji praktikalitas, E-Learning Berbasis Edmodo dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 90%. Berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, E-Learning Berbasis Edmodo sudah memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 88,83% dinyatakan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-Learning berbasis Edmodo yang dikembangkan valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga dapat memberikan manfaat bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru matematika dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: E-Learning, Edmodo, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Pengembangan, Model ADDIE
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:08 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 03:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12889 |
Actions (login required)
View Item |