Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

NIA ANGGRAINI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018425PMT.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018425PMT.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018425PMT.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018425PMT.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018425PMT.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018425PMT.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018425PMT.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018425PMT.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018425PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018425PMT.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018425PMT.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : Think Pair Share, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Apr 2019 05:05
Last Modified: 24 Apr 2019 05:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item