Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ALAM SEKITAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SALO DESA SALO TIMUR KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

RESTI IRANI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ALAM SEKITAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SALO DESA SALO TIMUR KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018402PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018402PGMI.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018402PGMI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018402PGMI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018402PGMI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018402PGMI.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018402PGMI.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018402PGMI.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018402PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018402PGMI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018402PGMI.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan model pembelajaran alam sekitar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Salo Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran alam sekitar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 65,60 dengan ketuntasan klasikal 64% atau tergolong “kurang tinggi”. Setelah menerapkan model pembelajaran alam sekitar pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 72,80 dengan ketuntasan klasikal 72% atau tergolong “baik”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 76,88 dengan ketuntasan klasikal 88% atau tergolong “amat baik”. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Alam Sekitar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 08:28
Last Modified: 23 Apr 2019 08:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12832

Actions (login required)

View Item View Item