RESTI IRANI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ALAM SEKITAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SALO DESA SALO TIMUR KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018402PGMI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018402PGMI.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018402PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018402PGMI.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018402PGMI.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018402PGMI.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018402PGMI.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018402PGMI.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018402PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018402PGMI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018402PGMI.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan model pembelajaran alam sekitar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Salo Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran alam sekitar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 65,60 dengan ketuntasan klasikal 64% atau tergolong “kurang tinggi”. Setelah menerapkan model pembelajaran alam sekitar pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 72,80 dengan ketuntasan klasikal 72% atau tergolong “baik”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 76,88 dengan ketuntasan klasikal 88% atau tergolong “amat baik”. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Alam Sekitar, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 08:28 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 08:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12832 |
Actions (login required)
View Item |