APRI SUSANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018395PMT.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018395PMT.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018395PMT.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018395PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018395PMT.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018395PMT.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018395PMT.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III_2018395PMT.pdf Download (301kB) |
||
Text
9. BAB IV_2018395PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018395PMT.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018395PMT.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan dalam menjawab beragam permasalahan matematika, namun masih banyak siswa belum memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Upaya dalam menyikapi permasalahan ini adalah dengan menerapkan suatu pendekatan, salah satunya pendekatan SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 1 Kampar Timur tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji t. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 3) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 4) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan siswa mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, secara umum terlihat bahwa untuk setiap kemampuan awal ternyata pendekatan SAVI berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : Pendekatan SAVI, Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Awal, Quasi Eksperimen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 07:34 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 07:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12825 |
Actions (login required)
View Item |