Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PARODI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU

DEFNI DEFITA (2018) PENERAPAN STRATEGI PARODI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018364PGMI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018364PGMI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018364PGMI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018364PGMI.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR-ISI_2018364PGMI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018364PGMI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018364PGMI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018364PGMI.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018364PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018364PGMI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018364PGMI.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi Parodi di kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 82. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi Parodi dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik Observasi, wawancara, Dokumentasi, dan Tes. Teknik Analisis Data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa penerapan strategi Parodi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 55%, berada pada rentang < 65% dengan kategori Kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 70% berada pada interval 65%−70% dengan kategori Cukup. Dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 85% berada pada interval 85%−100% dengan kategori Amat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Parodi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci: Strategi, Parodi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:17
Last Modified: 23 Apr 2019 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item