MUTIA NOVITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING COOPERATIVE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018348PGMI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018348PGMI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018348PGMI.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018348PGMI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018348PGMI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018348PGMI.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018348PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018348PGMI.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018348PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018348PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018348PGMI.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 78.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran ARIAS dengan Setting Cooperative Jigsaw dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Cooperative Jigsaw menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 70,42 dengan ketuntasan klasikal 39,28% atau tergolong cukup. Kemudian setelah menerapkan model Pembelajaran ARIAS dengan Setting Cooperative Jigsawpada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 75,92 dengan ketuntasan klasikal 60,71% atau tergolong baik. Dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 80,5 dengan ketuntasan klasikal 82,14% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Cooperative Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci : ARIAS, Cooparative Jigsaw, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 07:59 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 07:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12747 |
Actions (login required)
View Item |