RISKA RAYANI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE UNIT TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018340PAI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018340PAI.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018340PAI.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018340PAI.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018340PAI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018340PAI.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018340PAI.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018340PAI.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018340PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018340PAI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018340PAI.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengaruh penerapan metode Unit Teaching (Variabel Bebas/independen atau variabel X) dan terhadap motivasi belajar siswa (Variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan metode Unit Teaching terhadap motivasi belajar siswa di sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru.Jenis penelitian adalah korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan metode Unit Teaching terhadap motivasi belajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru . Teknik pengumpulan data dengan cara angket dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus “test t” .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 64 siswa, dan 1 orang guru pendidikan agama Islam sedangkan sampelnya yaitu pada kelas kontrol berjumlah 31 0rang siswa dan kelas eksperimen berjumlah 33 siswa, teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan analisis Nilai = 2,697, berarti bahwa lebih besar dari pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1 % dengan df=Nx+Ny=33+31-2=62. Dalam tabel tidak terdapat df =62, maka dari itu digunakan df yang mendekati 62 yaitu df=60. Dengan diperoleh df dari pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,65, ini berarti > , 2,00 < 2,697 > 2,65 maka diputuskan bahwa ditolak diterima. Ini artinya, ada pengaruh yang signifikan antara metode Unit teaching terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru dari perolehan analisis data 2,00 < 2,697 > 2,65 maka diputuskan bahwa ditolak diterima. Ini artinya, ada pengaruh yang signifikan antara metode Unit teaching terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru.dapat disimpulkan penerapan metode Unit teaching berada pada kategori Sangat Baik yaitu 87,5%, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori Baik yaitu 64,54%. Kata Kunci: Metode Unit Teaching, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:14 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 03:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12729 |
Actions (login required)
View Item |