GUSTI MUHAMMAD NUR FIKRI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA TAMATAN SEKOLAH DASAR DENGAN TAMATAN MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA UK PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018338PAI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018338PAI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018338PAI.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018338PAI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018338PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018338PAI.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018338PAI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018338PAI.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018338PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018338PAI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018338PAI.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Variabel X1 Hasil Belajar Fiqih siswa yang tamatan dari SD dan Variabel X2 Hasil Belajar Fiqih siswa yang tamatan dari MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fiqih siswa tamatan SD dengan siswa tamatan MI di MTsN Bukit Raya UK Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Bukit Raya UK Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar Fiqih siswa tamatan SD dengan siswa tamatan MI di MTsN Bukit Raya UK Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Bukit Raya UK Pekanbaru yang jumlahnya 326 siswa dan terdiri dari 9 lokal, untuk siswa tamatan SD berjumlah 280 peneliti mengambil penarikan sampel 15% yaitu 42 siswa. Sedangkan jumlah siswa kelas VII yang tamatan MI berjumlah 46 siswa.Yang mana jumlah siswa yang diteliti tidak mencapai 100 orang sehingga peneliti tidak menggunakan sampel. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan rumus ” tes t” Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang tamatan pendidikan Sekolah Dasar dengan siswa yang tamatan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah hal ini terbukti dengan = 2.68 berarti lebih dari baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% (1.99<2.68>2,64) dengan demikian = diterima = ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antra variabel X1 dan variabel X2. Perbedaan mean kedua variabel menunjukkan siswa yang tamatan pendidikan SD memperoleh nilai yang lebih tinggi di bandingkan anak yang tamatan pendidikan MI dengan perbedaan mean (mean X= 92.40 mean Y= 75.89). Dan dapat diketahui bahwa tamatan pendidikan tidak mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih, sehingga perlubagi siswa tamatan MI untuk meningkatkan pembelajaran agar memperoleh nilai lebih baik lagi. Faktor yang mempengaruhi berbedanya hasil belajar anak yang berasal dari SD dan MI adalah faktor internal dan eksternal yang berbentuk minat dan motivasi untuk mempelajari pelajaran Fiqih. Kata Kunci : Perbedaan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:08 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 03:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12727 |
Actions (login required)
View Item |